LCD Text Generator at TextSpace.net

Jumat, 28 Oktober 2011

Pengertian FAXIMILE, E-MAIL DAN Voicemail


A.    FAXIMILE
Fax  atau yang juga bias disebut faximile, adalah media transmisi yang dapat mengirimkan text maupun gambar. Pengalamatannya menggunakan nomor telephone yang disambungkan dengan printer ataupun alat output lainnya. Dengan perkembangan zaman, maka transmisi faximile dapat melalui kabel, nirkabel mauun lewat internet. Adapun cara  pengirimannya adalah sebagai berikut.
Data ( baik berbentuk text maupun gambar) discan dengan mesin faximile, lalu data tersebut dikonversi menjadi bentuk bitmap. Kemudian data tesebut dimodulasikan
dalam bentuk sinyal,baik berupa sinyal am, fm, maupun pm. Setelah sinyal tersebut dikirimkan, dan diterima oleh mesin fax yang dikirimi. Sinyal tersebut di codekan lagi  atau di-demodulasi menjadi bentuk bitmap lalu diprint menjadi data output.
Sinyal yang digunakan dalam faximile:
                               I.            AM ( Amplitudo modulasi)
Adalah modulasi yang menggunakan perbedaan Amplitudo ( tinggi gelombang) sebagai pembeda antara sinyal  yang menyatakan ‘o’ dengan sinyal yang menyatakan ‘1’. Dalam sinyal AM frekuensi yang digunakan tetap. Biasanya, untuk menyadikan sinyal ‘0’ menggunakan gelombang yang beramplitudo kecil, sedangkan untuk menyandikan sinyal ‘1’, menggunakan gelombang yang menggunakan gelombang yang beramplitudo besar. Contoh, untuk menyandikan sinyal ‘0’ menggunakan gelombang yang beramplitudo 2 cm. dan untuk menyandikan sinyal ‘1’ menggunakan gelaombang yang beramplitudo 4 cm. dengan catatan, panjang gelombang sama. Keunggulan dari sinyal AM adalah sinyal ini dapat digunakan dalam medan pegunungan, tempat-tempat yang dikelilingi oleh tebing-tebing, hutan. Namun, kualitas data yang dikirimkan melalui sinyal AM kurang dari kualitas data yang dikirimkan melalui sinyal FM dan PM. Hal ini dikarenakan Amplitudo sinyal yang selalu berganti-ganti. Maka apabila data yang dikirim berupa suara, terkadang suara tersebut akan hilang timbul karena lemahnya sinyal.
                            II.            FM ( Frekuensi Modulasi)
Adalah modulasi yang menggunakan perbedaan frekuensi gelombang sebagai pembeda antara sinyal  yang menyatakan ‘o’ dengan sinyal yang menyatakan ‘1’. Dalam sinya FM amplitude yang digunakan tetap. Biasanya untuk sinyal yang menyandikan 0 digunakan frekuensi rendah, dan untuk sinyal yang menyandikan 1 digunakan frekuensi tinggi. Contoh, untuk sinyal ‘0’ maka digunakan 1 kali gelombang dalam jarak 2 cm. dan untuk sinyal ‘1’ digunakan 2 kali gelombang dalam jarak 2 cm.
Karena sinyal FM menggunakan frekuensi sebagai media modulasinya. Maka data yang dibawa memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan kualitas data yang dibawa melalui sinyal AM. Baik suara, gambar, maupun text. Oleh karena itu, setasiun TV dan radio menggunakan sinyal FM sebagai media transmisinya.
                         III.            PM ( Pulsa Modulasi)
Adalah modulasi yang membalikkan gelombang sebagai pembeda antara sinyal  yang menyatakan ‘o’ dengan sinyal yang menyatakan ‘1’. Dalam sinya PM amplitude dan frekuensi yang digunakan tetap. Untuk menyandikan sinyal ‘o’ maka meneruskan gelombang sebelumnya. Dan untuk menyandikan sinyal ‘1’ maka bembalik 180° gelombang sebelumnya. Gelombang ini memiliki kualitas pengiriman data lebih baik dari pada kualitas pengiriman data pada sinyal AM dan FM. Karena frekuensi dan aplitudo gelombang yang digunakan dalam transmisi sinyal PM tetap. Maka data yang diterima juga relative konstan. Apabila data tersebur berbentuk suara, maka suara yang di hasilkan bersih dan halus. Begitu pula apabila data tersebut berupa gambar, video  maupun text.

B.     E-mail
E-mail atau yang biasa disebut Electronic mail atau surat elektronik. Adalah media penyaluran informasi yang menggunakan internet sebagai alat transmisinya. Untuk dapat menggunakan email, kita harus memiliki sebuah akun pengguna email terlebih dahulu. Bisa dalam yahoo, google, rocketmail dan lain-lain. Dalam mendaftar, kita diwajibkan mengisi beberapa identitas diri kita terlebih dahulu. Seperti nama, tempat tanggal lahir, negara, jenis kelamin, dll.  Kemudian kita dapat menentukan sendiri apa alamat email yang akan kita miliki. Untuk menggunakannya kita dapat masuk ke web penyedia jasa email tersebut. Missal, saya menggunakan yahoo sebagai penyedia layanan email bagi saya. Maka saya haru masuk ke yahho .com terlebih dahulu untuk menggunakan Email saya. Lalu saya memilik link Sign in. setelah itu saya di haruskan mengisi alamat Email saya beserta Passwordnya, lalu klik opsi ‘masuk’. Setelah dapat masuk dalam akun yahoo saya, saya dapat mengunakan fasilitas Email dengan cara memilih link ‘mail’. Dalam halaman mail, terdapat beberapa menu, seperti kotak masuk, kontak, spam, dll. Untuk mengiriman Email saya harus mengetikkan alamat Email yang akan saya kirimi Email. Dan untuk membuka Email yang telah masuk, saya cukup mengklik link surat tersebut dalam menu kotak masuk. Untuk menghapus Email masuk saya cukup menandai Email yang akan dihapus, lalu mengklik opsi ‘hapus’ dalam menu kotak masuk. Adapun menu yang disajikan dalam Gmail dan rocketmail berbeda dengan menu yang disajikan dalam yahoomail.
C.     Voicemail
Adalah media transimisi data yang menggunakan kabel telephone sebagai alat transmisinya. Alat ini mengirimkan informasi berbentuk suara. Contoh, mailbox dalam telephone rumah. Apabila saat ditelefone tidak menjawab hingga beberapa saat. Maka mesin telephone akan memberikan pilihan kepada si penelephone agar meninggalkan pesan, atau menelephone lagi lain kali. Namun untuk telephone rumah di Indonesia, agar dapat memiliki fasilitas ini, kita harus mendaftar kepada PT.Telkom Indonesia terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar