LCD Text Generator at TextSpace.net

Minggu, 01 Januari 2012

Proses Control Block

Tiap proses digambarkan dalam sistem operasi oleh sebuah processcon trol block (PCB) juga disebut sebuah control block. Sebuah PCB ditunjukkan dalam Gambar dibawah ini. PCB berisikan banyak bagian dari informasi yang berhubungan dengan sebuah proses yang spesifik, termasuk hal-hal di bawah ini:
  • Status proses : Status mungkin dimiliki oleh setiap proses new, ready, running, waiting, terminated.
a)         NEW
Status yang dimi
liki pada saat proses baru saja dibuat oleh penjadwalan tingkat tinggi,  tetapi belum siap melakukan eksekusi.
b)        READY
Status yang dimiliki pada saat proses siap dieksekusi oleh processor.
c)         RUNNING
Status yang dimiliki pada saat instruksi-instruksi dari sebuah proses dieksekusi. Proses bisa dieksekusi karena CPU tidak sedang mengerjakan tugas yang lain.
d)        WAITING
Status yang dimiliki pada saat proses menunggu suatu event, seperti penyelesaian I/O atau menerima signal.
e)         TERMINATED
Status yang dimiliki pada saat proses telah selesai dieksekusi.
  • Program counter: suatus tack yang berisi alamat dari instruksi selanjutnya untuk dieksekusi untuk proses ini.
  • CPU register: Register bervariasi dalam jumlah dan jenis, tergantung pada rancangan komputer. Register tersebut termasuk accumulator, register indeks, stack pointer, general purposes register, ditambah code information pada kondisi apa pun. Beserta dengan program counter, keadaan/ status informasi harus disimpan ketika gangguan terjadi, untuk memungkinkan proses tersebut berjalan/ bekerja dengan benar setelahnya.
  • Informasi managemen memori: Informasi ini dapat termasuk suatu informasi sebagai nilai dari dasar dan batas register, tabel page/ halaman, atau table segmen tergantung pada system memori yang digunakan oleh sistem operasi.
  • Informasi pencatatan: Informasi ini termasuk jumlah dari CPU dan waktu riil yang digunakan, batas waktu, jumlah akun jumlah job atau proses, dan banyak lagi.
  • Informasi status I/O: Informasi termasuk daftar dari perangkat I/O yang digunakan pada proses ini, suatu daftar berkas-berkas yang sedang diakses dan banyak lagi.
PCB hanyaberfungsi sebagaitempatpenyimpanan informasi yangdapatbervariasidariproses yang satu dengan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar